RANGKUMAN BUKU FILSAFAT ILMU - Liakhaerunisa

Jawaban umum dari pertanyaan ini adalah; iya-teori dan penelitian adalah bebas nilai, pendidikan adalah netral, dan peneliti mencoba melihat fakta apa adanya. Orang yang hidup secara dangkal saja, tidak mudah melihat persoalan-persoalan, apalagi melihat pemecahannya. Kebenarannya tidak pernah dapat dibuktikan secara empiris. Karena para ahli filsafat tidak pernah memiliki satu pendapat, baik dalam isi, perumusan permasalahan maupun penyusunan jawabannya. Pertama, masalah rasional. Saya berjalan-jalan pada suatu kampung, kampung yang satu penduduknya sehat-sehat sedangkan kampung sebelah banyak yang sakit. Adapun pengertian mistik bila dikaitkan dengan agama adalah pengetahuan (ajaran atau keyakinan) tentang Tuhan yang diperoleh melalui meditasi atau latihan spiritual, bebas ketergantungan pada indera dan rasio. Dalam mata kuliah filsafat pengetahuan, yang didiskusikan tidak hanya pengetahuan sain tetapi yang didiskusikan juga seluruh pengetahuan yang disebut dengan pengetahuan yang “aneh-aneh” seperti pelet, kebal, santet, saefi dan lain-lain. Anda bisa mencari referensi bagus di beberapa situs terkemuka atau buku kuliah dan sejarah tentang tokoh-tokoh dan kehidupan lengkap para filsuf, namun di momen berharga yang sangat terbatas ini, kami akan berfokus pada hal yang lebih penting, yaitu menyajikan cara mempelajari filsafat. Jika kami tidak dapat membuktikannya, pernyataan kami mungkin hanya berupa opini. Dalam memahami fakta (kenyataan ini ada beberapa aliran filsafat yang meberikan pengertian yang berbeda-beda, diantaranya adalah positivisme, ia hanya mengakui penghayatan yang empirik dan sensual.


7. Filsafat ilmu mengajak untuk berpikir secara radikal, holistik dan sistematis, hingga kita tidak hanya ikut-ikutan saja, mengikuti pada pandangan umum, percaya akan setiap semboyan dalam surat-surat kabar, tetapi secara kritis menyelidiki apa yang dikemukakan orang, mempunyai pendapat sendiri, dengan cita-cita mencari kebenaran. Kedua, apakah argumentasi sang filsuf didukung oleh premis-premis dan data yang memadai? Apinya dibuat oleh Tuhan, panasnya juga dibuat oleh Tuhan (jika bukan Tuhan yang membuatnya, maka harus diberikan uraian yan kuat untuk menjabarkannya). Fakta bukan sekedar data empirik sensual, tetapi data yang sudah dimaknai atau diinterpretasikan, sehingga ada subyektifitas peneliti. Dalam buku tersebut ia memperbaiki remaja sesuai dengan penyebabnya dan ia sudah tahu penyebabnya sehingga ia mengusulkan tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh orang yang tepat. Namun banyak mahasiswa yang menyangka bahwa hipotesis ada benarnya dan ada salahnya, sehingga diperoleh kesimpulan 50:50 atau fifty-fifty. Pendidikan harus menekankan kesesuian batin antara anak, dan alam semesta. Melalui perspektif filsafat, komunikasi dilihat sebagai hakikat manusia menggunakan komunikasi untuk berhubungan dengan alam semesta. Berfikir secara kefilsafatan berusaha untuk menjelaskan fenomena yang ada di alam semesta secara keseluruhan sebagai suatu sistem. Filsafat sebagai induk dari segala ilmu membangun kerangka berfikir dengan meletakkan tiga dasar utama, yaitu ontologi, epistimologi dan axiologi. Ternyata istilah logis dan rasional meupakan merupakan dua istilah yang sangat populerdalam artian, dua istilah tersebut sering digunakan orang dari lapisan manapun. Data was created by GSA Content Generator Demoversion.


Ilmu membatasi lingkup penjelajahannya pada batas pengalaman manusia juga disebabkan metode yang digunakan dalam menyusun yang telah teruji kebenarannya secara empiris. Kedua, masalah empiris. Untuk menguji hipotesis tersebut digunakan metode eksperimen dengan cara mengambil satu atau dua kampung yang kemudian memintanya untuk makan telur secara teratur selama setahun sebagai kelompok eksperimen dan mengambil satu atau dua kampung yang lain untuk memintanya tidak makan telur selama setahun sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan hal ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin banyak makan teluur akan semakin sehat atau telur berpengaruh positif terhadap kesehatan. Dengan kata lain, teori-teori pendidikan harus disusun berdasarkan hasil-hasil penelitian ilmiah. Hipotesis harus berdasarkan rasio, dengan kata lain hipotesis harus rasional. Kedua, karena akal setiap orang bekerja berdasarkan aturan yang sama. Filsafat memang abstrak, namun tidak berarti filsafat sama sekali tidak bersangkut paut dengan kehidupan sehari-hari yang kongkret. Ontologi mencakup banyak sekali filsafat, mungkin semua filsafat masuk disini. Karya ini adalah karya spesial, didesain tidak untuk semua kalangan, buku yang semestinya dipelajari dengan dipandu oleh seorang guru, tanpa seorang guru pembimbing kemungkinan akan terjadi kesalahpahaman, isi buku walau sudah diterjemah ke bahasa Indonesia pun tidak akan maksimal diserap dan dipahami para pembelajar. Post has been generated by GSA Content Generator DEMO!


Oleh karena itu, kamu dapat memiliki pemahaman lebih terhadap seluruh aspek komunikasi-permasalahan yang ada, kekuatan komunikasi, kemungkinan di masa depan, dan batasan dalam ilmu komunikasi. Termasuk di dalamnya adalah bidang, sifat, tatanan, tujuan, fungsi, teknik, dan metode komunikasi. Orang yang seperti ini akan takut untuk membuka pikirannya pada hal baru, termasuk takut untuk mempertanyakan hal-hal yang jelas-jelas salah dan tidak sesuai dengan nuraninya. Dan semua itu bisa dipelajari oleh siapapun, termasuk mereka yang bukan mahasiswa fakultas filsafat sekalipun. Realism dalam pendidikan merupakan kebutuhan dasar dan hak yang mendasar bagi manusia dan kewajiban penting bagi semua masyarakat untuk memastikan bahwa setiap anak dilahirkan dengan pendidikan yang baik. Oleh karena itulah, metode, isi, dan proses pendidikan harus seragam. Pengetahuan sain adalah pengetahuan yang rasional dan didukung oleh bukti empiris dan yang paling menonjol adalah bukti empiris tersebut. Selanjutnya dikatakan pula, bahwa filsafat ilmu tumbuh dalam dua fungsi, yaitu: sebagai confirmatory theories yaitu berupaya mendekripsikan relasi normatif antara hipotesis dengan evidensi dan theory of explanation yakni berupaya menjelaskan berbagai fenomena kecil ataupun besar secara sederhana.


Belum ada Komentar untuk "RANGKUMAN BUKU FILSAFAT ILMU - Liakhaerunisa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel